Senin, 26 September 2011

1. Kepribadian Bangsa Timur

.             Kepribadian Bangsa Timur

                Indonesia memiliki lebih dari 220 juta penduduk yang memiliki beragam budaya, suku , dan adat istiadat , Indonesia sebagai bagian dari negara-negara yang ada dalam posisi benua Asia memiliki adat yang disebut adat ketimuran yang berbeda dengan adat atau budaya barat seperti Amerika atau Eropa.
                Indonesia yang tergabung dari berbagai suku ,contohnya jawa , batak , sunda , banjar , dayak , bugis , barat , dll terkenal dengan keramah tamahan masyarakatnya dan tingginya rasa saling menghormati antar sesama. Ini bisa dibuktikan dengan terciptanya negara ini yang dapat menyatuhkan semua suku , atau missal di daerah Banjarmasin yang penduduknya bisa saling terbuka dan menerima penduduk dari suku lain antaranya  jawa , bugis , batak , atau suku dari negara lain seperti cina dan arab yang dating melalui akulturasi budaya dulunya. Pada tgl 28 oktober 1928 sebelum kemerdekaan bangsa ini tercipta , semua muda beragam suku di Indonesia yang memiliki sebutan yonk java ( jawa ).
dan sebagainya berikar untuk menyatu dan bergabung menjadi satu kesatuan bangsa dengan beralasan karena semuanya memiliki kesamaan budaya dalam artian satu kesatuan bangsa dengan beralasan kerana semuanya memiliki kesamaan budaya dalam artian satu cita-cita dan  rasa saling menghormati. Peristiwa ini sering kita sebut dengan “sumpah pemuda”. Personality dan Culture Bangsa Indonesia  tentunya sangat berbeda dengan negara-negara barat , perbedaan ini adalah karena pandangan hidup dan kebiasaan manusianya yang berbeda.
Dalam  pandangan hidup masyarakat Indonesia yang memiliki adat ketimuran , rasa toleransi , sopan , santun , saling menghargai , dan lain sebagainya selalu menjadi dasar dalam hidup bermasyarakat. Bedanya dengan kepribadian orang-orang barat. disana mereka berpikir individualis bermasyarakat atas dasar kegunaan itulah pandangan mereka yang telah terbentuk sejak dari migrasinya orang inggris ke benua amerika dan sejak jaman revolusi industry. Kadang kita tidak menyadari bahwa sekarang ini masyarakat Indonesia sedang menyeimbangkan gaya hidup serta menyadur pemikiran masyarakat desa yang memilih alami di Indonesia ini mungkin kita akan sadar bahwa inilah kepribadian bangsa kita yang dulu menjadi ciri khas  bangsa ini yang cantik dengan adat ketimurannya kembali ke masalah perubahan dalam kepribadian,perubahan kepribadian bukan hal yang dilarang posisi serta jjati diri yang membentuk kehidupan masyarakat bangsa Indonesia dari dulu kala menjadi indicator dalam memilah dan memilih mana yang bisa kita pakai intinya cocok atau cocok dengan adat yaitu “Adat Ketimuran”.
        Ini menegaskan kita bahwa kepribadian individu atau masyarakat sangat berpengaruh dalam lahirnya sebuah kebudayaan manusia dan mendorong terbentuknya kepribadian umum suatu bangsa.untuk memahami jati diri bangsa ini, tak perlu seluruh masyarakat di negara ini sadar akan jati diri bangsa ini mulailah dari diri kita sendiri kenali kepribadian bangsa kita yang tercinta ini pandai-pandailah dalam memfilter kebudayaan negara lain yang selama ini kita telan mentah-mentah kita pikirkan apakah tuntas dan pantas kebudayaan barat jika dipakai dan dijadikan kepribadian baru bangsa ini serta melupakan jati diri kita sebagai orang timur yang penuh dengan rasa sopan santun. Ingatlah dengan adat ketimuran kita yang beraneka ragam namun saling menghargai dan satu isi , alangkah indahnya jika kita selalu berpegang teguh psada adat yang telah membentuk kepribadian umum bangsa ini.


   Sumber : www.wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar